Tuesday 22 December 2015

Tutorial Menggunakan Domain Dot TK


http://blognyasuneo.blogspot.com




Blog Suneo - Kembali Dengan SUNEO,Bagi para pendatang baru di dunia blog ,mereka pasti memikirkan tentang domain,maupun itu berbayar atau juga yang gratisan.Bagi para pemula sebaiknya menggunakan domain  gratisan terlebih dahulu.

Lalu apa bedanya domaingratisan dengan domain berbayar..?? Secara fungsi domain premium (berbayar) dan domain gratisan nggak ada bedanya kok, kedua-duanya tetap sebagai alamat dari website Anda. Beda antara domain premium dan domain berbayar adalah dari segi bonafisitas dan legitimasi dari website Anda. Jika Anda membangun website komersil atau website perusahaan namun menggunakan domain gratisan itu akan mengurangi legitimasi dan tingkat kepercayaan dari pengunjung website Anda. “masa perusahaan menggunakan gratisan..??” begitulah kira-kira.

Domain gratisan juga umumnya bersifat sub domain, jadi nama yang akan Anda dapatkan merupakan anak dari domain utama, jadi nama domain Anda ada embel-embel nama domain penyedia layanan domain gratis. Misalnya nih, namawebsiteanda.wordpress.com , namawebsiteanda.blogspot.com , namawebsiteanda.p.ht, namawebsiteanda.co.cr dlsb.

Ada banyak cara untuk mendapatkan domain gratisan, Anda bisa search aja deh di google dengan keyword “free domain”. Tapi ingat Anda tidak bisa mendapatkan domain gratis dengan ekstensi .com, .net, .org atau domain-domain dengan ekstensi premium lainnya.

Biasanya domain gratisan memiliki nama ekstensi yang panjang, umumnya domain gratisan memiliki 2 ekstensi yang ditandai dengan 2 dot (titik) misalnya .co.cr, .p.ht, .uni.me dlsb. dan ini kurang keren. Tapi ada domain gratisan yang memiliki ekstensi pendek dan hanya memiliki 1 dot saja yaitu .tk.

Mendaftarkan Domain .tk

Nah sekarang kita coba untuk membuat nama domain .tk yuk, domain .tk ini gratis tis..dan memiliki prinsip dan cara kerja yang sama dengan domain premium. Jadi nanti setelah Anda mendapatkan nama domain dari .tk Anda harus mengarahkan domain Anda ke DNS server hosting yang Anda miliki persis sama dengan ketika Anda membeli nama domain premium.

Untuk mendaftarkan nama domain di .tk ikuti langkah berikut ini :

1. Akses www.dot.tk

2. Pada bagian Get a Free .TK Domain Name isikan nama domain Anda. nantinya nama domain Anda akan memiliki ekstensi .tk misalnya : websiteganteng.tk, pasarjompo.tk, akukeren.tk dlsb.

3. Sebagai contoh saya akan mengambil nama domain tokoeri, ingat nama domain tidak bisa dimiliki oleh dua orang. Jadi silahkan Anda memilih nama domain yang lainnya, nggak bisa sama dengan punya saya. Jika sudah klik tombol GO.



4. Pada halaman berikutnya Anda harus mengarahkan nama domain ke alamat server hosting yang Anda miliki, karena Anda belum memiliki server hosting maka akan kita isi asal-asalan aja dulu, baru setelah Anda memiliki server hosting Anda bisa mengubah settingannya nanti. Pada bagian Use your new domain tandai pilihan Use DNS.



5. Lalu pada kolom dibawahnya, pada bagian IP address isikan saja ip 127.0.0.1 , ini adalah ip lokal komputer Anda, kita akan mengubah settingan ini nanti setelah Anda memiliki server hosting.



6. Lalu pada bagian Registration length, klik menu dropdown dan pilih 12 month agar nama domain Anda bisa dipakai selama satu tahun penuh. Nanti setelah satu tahun Anda bisa memperpanjang nama domain Anda dengan me-registrasi ulang. Tetep gratis kok…

7. Isikan karakter yang terdapat pada gambar pada kolom yang telah disediakan.



8. Klik tombol Sign Up

9. Klik link email address yang terdapat di bagian paling bawah form pendaftaran untuk melakukan pendaftaran via email.



10. Masukan alamat email Anda yang valid lalu klik tombol Next

11. Pada form berikutnya isikan nama Anda, lalu buat password yang Anda inginkan untuk domain Anda, ketikan password tersebut kembali pada bagian Password (again). Lalu klik tombol Create Account.



12. Buka email Anda, dan cari email konfirmasi dari Dot TK. jika Anda tidak menemukannya pada folder inbox maka carilah pada folder spam, biasanya nyasar disana emailnya.

13. Jika sudah ketemu, buka email dari Dot TK, dan Anda akan diberi kode konfirmasi serta link untuk melakukan konfirmasi. Klik link konfirmasi yang diberikan.



14. Pada halaman konfirmasi masukan kode konfirmasi yang tadi diberikan pada email lalu klik tombol Confirm.



15. Dan nama domain tersebut resmi menjadi milik Anda.  

Tutorial Menggunakan Domain Dot TK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts